Halaman

Label

Kamis, 05 April 2012

Tips Belanja Elektronik di Pameran

Tips Belanja Elektronik di Pameran

Pada era yang serba digital dan dipenuhi dengan bermacam piranti dan gadget ini, mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri dan ikut menggunakannya.  Apalagi beberapa kali dalam setahun sering diadakan pameran komputer yang memanjakan pembeli untuk berbelanja kebutuhan barang elektroniknya.  Ditambah dengan promosi pameran dan berbagai bonus yang ditawarkan, tentu sangat menarik untuk membeli produk tersebut selama pameran.
Namun, terkadang barang yang dibeli tidak sesuai dengan harapan.  Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips yang bisa jadi patokan.

1.      Barang Penting
Jangan sampai membeli barang hanya karena ingin tampil keren aja.  Belilah barang yang pasti akan meningkatkan produktivitas anda.  Sebuah kamera digital akan lebih baik untuk dibeli daripada anda membeli ponsel baru yang memiliki kamera setara dengan kamera tersebut

2.      Cek Harga Barang
Cek harga barang bisa lewat survei ke toko yang menyediakan produk yang sama.  Sebab, terkadang harga barang di pameran dapat lebih mahal daripada di toko langganan anda.  Harga barang memang dipengaruhi rate dolar, tapi apa salahnya cek harga dulu.

3.      Stand Meyakinkan
Paling tidak stand yang meyakinkan menunjukkan barang yang dijual juga bukan  barang yang sembarangan.

4.      Jangan Tergoda
Anda tahu bahwa merk A memiliki performa paling baik, tapi karena di pameran hadiah dan SPG di stand merk B lebih oke, anda pun beralih ke merk B.  Jangan sampai lakukan hal itu.  Pengecualian dapat diberikan bila ternyata memang merk B benar-benar lebih bagus.

5.      Tanyakan Garansi
Jangan Cuma tanyakan berapa lama garansi, tapi jenis garansinya juga.  Apakah tukar baru atau akan ‘diproses’? kalau diproses, artinya barang akan dikirim ke distributornya, biasanya memakan waktu lebih lama dan tidak ada jaminan barang akan benar-benar bisa diperbaiki atau ditukar.

6.      Pastikan Lokasi Toko 
      Kadang di nota pembelian tidak dicantumkan lokasi toko yang bersangkutan.  Kalau bisa, pastikan anda tahu dimana toko asli stand tersebut berada.  Jadi, kalau terjadi sesuatu terhadap barang yang dibeli, maka anda dapat ke tokonya untuk minta bantuan.

Sumber : Google.com

2 komentar: